Abstrak RSS

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Promosional Dan Non-Promosional Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Kuliah Calon Mahasiswa Akper Al-Ikhlas Cisarua Bogor

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Promosional Dan Non-Promosional Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Kuliah Calon Mahasiswa Akper Al-Ikhlas Cisarua Bogor
S U H A R Y A N T O
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Peluang bisnis penyelenggaraan program pendidikan keperawatan jenjang Diploma-III cukup besar. Kebutuhan perawat di Jawa Barat dibanding jumlah penduduk mencapai 54.500an dan 7.200an di wilayah Bogor. Akademi Keperawatan Al-Ikhlas Cisarua Kabupaten Bogor membuka Program Studi Keperawatan Diploma-III pada tahun 2002/2003, namun sampai saat ini student bodynya masih rendah. Sebagai antisipasi terhadap persaingan yang ketat dalam meraih calon mahasiswa baru, berbagai macam kegiatan komunikasi pemasaran sudah dilakukan. Diduga komunikasi pemasaran ini berpengaruh terhadap keputusan kuliah calon mahasiswa. Penelitian ini untuk mengetahui kinerja komunikasi pemasaran promosional dan non-promosional yang telah dilakukan Akper Al-Ikhlas dan pengaruhnya terhadap keputusan memilih kuliah calon mahasiswa.

Penelitian dilakukan terhadap 52 siswa klas-III SMKKesehatan di wilayah Kabupaten Bogor, dengan menggunakan metode sensus. Jawaban atas 20 item pertanyaan/sub-variabel komunikasi pemasaran dan tiga item keputusan kuliah dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kinerja sub-variabel promosional dan non-promosional dinilai cukup. Komunikasi pemasaran yang telah dilakukan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah calon mahasiswa. Besar pengaruh komunikasi pemasaran promosional sebesar 34,6% dan pengaruh komunikasi pemasaran non-promosional sebesar 51,86% (total pengaruh komunikasi pemasaran sebesar 86,46%).

The opportunity in Nursery Education Program Diplome-III level is attractive and wide. The need of nurse compares to West Java people about 54.500 and about 7200 nurses in Bogor area. The AL-Ikhlas Nursery Academy Cisarua-Bogor, started the nursery porgram in academic year 2002/2003. Comparing with the nursery program of other institution it have many weakness and strength. As the anticipation toward the tight competitive situation in finding new students, many marketing communication programs have done.The management predicts that communiction programs effects student decision making process. The research dued to analyse the performance of the marketing communication (promotional and non-promotional) program which have been done by The AL-Ikhlas Nursery Academy, and the effects to student candidates decision making process.

The research done to 52 students of the third class of the health/nursery high school around Kabupaten Bogor. The result of this research about twenty marketing communication sub-variables and three study decision making, shows the average rating of the promotional and non-promotional is around the middle level (sufficient). The reasearch also shows that marketing communication (promotional and non-promotional) program gives the significant effect of student candidates decision making. The effect point of the promotional marketing communication is 34,6%, and the effect of the non-promotional marketing communication is 51,86%. So, the total effect of the marketing communication is 86,46%.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id