Abstrak RSS

Rancangan Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Cara Mengembangkan Self Esteem (Harga Diri) Anak Usia 6-8 Tahun

Rancangan Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Cara Mengembangkan Self Esteem (Harga Diri) Anak Usia 6-8 Tahun
Titin Florentina Purwasetiawatik
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Harga diri adalah dasar dari keberadaan anak dan kunci sukses ketika dia dewasa nanti. Berdasarkan hasil asesmen, peneliti tertarik untuk melakukan perancangan program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Ibu mengenai cara mengembangkan harga diri anak usia 6-8 tahun. Dasar teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Self Esteem,Susan Harter (1999) dalam Self Esteem Research, Theory and Practice (Mruck, 2006) dan Self Esteem: The Foundation of Good Behavior (Sears and Sears, 1995) Perancangan Program pelatihan menggunakan pendekatan Pengembangan Program Pelatihan (Kohls, 1995) dengan metode pembelajaran orang dewasa. Rancangan penelitian dalam uji coba program pelatihan ini menggunakan desain one group pre test – post test. Subjek dalam uji coba program pelatihan ini sebanyak 7 orang Ibu, usia berada pada rentang 36-40 tahun, memiliki anak yang duduk dikelas 1-3 SD, dengan latar belakang pendidikan SLTA sampai dengan S1. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan objective test dan observasi selama proses pelatihan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan Ibu mengenai konsep dasar harga diri dan cara meningkatkan harga diri anak usia 6-8 tahun sebesar 12,17% dan peningkatannya signifikan (p= 0,018 < á=0,05). Adapun peningkatan pengetahuan masing-masing subjek pada dimensi 1 adalah berkisar 6% hingga 26% dan peningkatan pengetahuan pada dimensi 2 berkisar 2% hingga 23,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rancangan program pelatihan cara mengembangkan harga diri anak usia 6-8 tahun dapat meningkatkan pengetahuan Ibu.

Self esteem is the foundation of a child well being and a key to their success when they become adults. Based on assessment results, the researcher was interested in designing training program aimed to improve mother’s knowledge and comprehension about ways to develop self-esteem of 6-8 years old children. The basic theories in this research were theories of self esteem from Susan Harter (1999) in Mruck (2006) and Self Esteem: The Foundation of Good Behavior (Sears and Sears, 1995). The training program was designed using Development Training Program approaches (Kohls, 1995) with andragogy learning methods. The training tryout was designed using one group pre test – post test. Subjects of the training tryout were seven 36-40 years old mothers who had children in 1st – 3rd grade of elementary school. Subject’s educational backgrounds varied from senior high school to University gra duates. Measurements were done using objective tests and observation during training process. Hypothesis were tested using Wilcoxon Signed Rank Statistic Test. The research results showed an increasing of mother’s knowledge about self-esteem basic concepts and about ways to improve children’s self esteem with estimated value of 12,17%. That was a significant improvement (p = 0.018 <á = 0.05). The increased knowledge of each subject was about 6% to 26% in 1st dimension, and about 2% to 23.92% in 2nd dimension. Thus, it’s concluded that the design of training program to develop self-esteem of 6-8 years old children did increase mother’s knowledge.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id