Abstrak RSS

Strategi Promosi

Tema kajian ini adalah bagaimana produk iptek hasil riset dapat dijadikan komoditas yang komersial dan laku dijual. Cara memasarkan produk iptek biasanya secara konvensional melalui seminar dan publikasi. Untuk Memasarkan (mengkomersialkan) ciptaan iptek itu tampaknya perlu strategi lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey deskriptif dan pengumpulan data memalui Focus Group Discussion (FGD). Hasilnya ditemukan bahwa riset untuk penerapan atau aplikasi lebih berpotensi komersial dibandingkan dengan riset untuk pengembangan ilmu. Terdapat dua strategi untuk promosi hasil riset agar berhasil secara komersial, yaitu pendekatan komunikasi pemasaran, melalui bauran promosi atau bauran komunikasi, dan pendekatan inovasi, melaui difusi inovasi. Agar secara komersial menguntungkan, maka peranan jaringan institusi sumber hasil riset iptek (inventor) dengan institusi penguasa hasil riset tersebut (misalnya masyarakat industri dan investor) sangat diperlukan, terutama untuk pemasyarakatan hasil riset dalam jumlah besar atau produksi missal.

The research theme is how science and technology research products can be sold as commerce products. Promoting research products conventionally through seminar and publications. It is important to look for another promoting strategy to make them as commerce products. This research uses descriptive survey and focus group discussion (FGD) as collecting data. It was founded that applied research potentionally commerce than pure research. There are two research approach promotions strategy to commerce research products: marketing communication approach through communications mix and communication of innovations trough diffusion of innovations. It depends on the role of institutions network such as inventor and investor, for gaining more benefit as commerce products, especially for the big amount products.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id