Abstrak RSS

Tabu Nikah

Tabu Nikah
Sugeng Priyadi
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tabu nikah pada masyarakat perdesaan Purbalingga dan Sokaraja (Banyumas). Penelitian ini ditempuh melalui metode filologi yang dikombinasikan dengan metode folklor. Metode filologi dan folklor dipakai untuk menyediakan sumber sejarah yang terkandung dalam teks dan folklor. Selanjutnya, kedua metode itu ditempuh untuk menghasilkan karya historiografi berupa sejarah kebudayaan atau sejarah intelektual di tingkat lokal Purbalingga dan Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tabu nikah yang terdapat pada masyarakat perdesaan Purbalingga dan Sokaraja menggambarkan fenomena pluralitas sosial budaya yang didasarkan atas legitimasi sosial politik. Tabu nikah yang timbul disebabkan oleh konflik-konflik sosial sebagai bentuk dari persaingan pengaruh dan perang legitimasi antarelite Purbalinga dengan Sokaraja. Dalam konflik tersebut, Raden Kaligenteng menjadi troublemaker (biang kerok). Tabu nikah di atas menunjukkan sesuatu yang dapat dimaknai sebagai gejala pergeseran dari cosmos menuju chaos. Namun, situasi chaos lebih dominan karena pergeseran itu belum atau tidak melahirkan cosmos yang baru sehingga selalu dalam posisi liminal atau ambang. Posisi tersebut bisa dijelaskan dalam rangka binary opposition yang bersifat relatif yang menghadirkan pihak ketiga yang menempati posisi liminal.

This study is aimed to discover the marriage taboo in the rural community of Purbalingga and Sokaraja (Banyumas). The study employs the philological method combined with the folklore method. The two later methods are applied to provide the historical sources contained in the texts and folklores. Then, the two methods is taken to produce a historiograph work, i.e. the cultural history or the intellectual history in the local range of Purbalingga and Banyumas.
The results of study show that the marriage taboo in the rural community of Purbalingga and Sokaraja indicates the phenomenon of plural socio-culture laid on socio-political legitimate. The marriage taboos are inflicted by social conflict as the manifestation of social rivalry and legitimate battle. In those conflict, Raden Kaligenteng is the troublemaker. The marriage taboos indicate something that can be understood as the shift of cosmos into chaos. The chaotic situation is dominant, for the shift has not resulted in a new cosmos, i.e. it is always in the liminal or threshold position. The position can be seen clearly in terms of realtive binary opposition featuring a third party takes the liminal stand.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id