Abstrak RSS

Analisis Pemasaran Dan Strategi

Analisis Pemasaran Dan Strategi
Endah Djuwendah, Erna Rachmawati
Faperta Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Nilam merupakan komoditas perkebunan yang memberikan devisa terbesar dari ekspor minyak atsiri Indonesia. Oleh karena itu, eksistensi dan peluang tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya melalui pengelolaan agribisnis dan pemasaran hasil secara profesional dan berkelanjutan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui:(1) struktur pasar, perilaku pasar, dan kinerja pemasaran nilam, (2) kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pengembangan usaha nilam, serta (3) strategi pengembangan usaha guna meningkatkan potensi dan peluang usaha nilam. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Garut dengan menggunakan metode survei deskriptif. Responden petani diambil secara sengaja, sedangkan responden penyuling dan pedagang diambil berdasarkan teknik bola salju (snowball sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar daun dan minyak nilam di Kabupaten Garut adalah oligopsoni. Perilaku pasar waktu transaksi dan harga jual cenderung ditentukan oleh pembeli. Petani dan penyuling pada pemasaran daun dan minyak nilam cenderung sebagai penerima harga. Kinerja pasar berdasarkan analisis margin, farmer’s share pada pemasaran daun nilam belum efisien, namun pada pemasaran minyak nilam efisien. Kekuatan bagi pengembangan agribisnis nilam di Kabupaten Garut adalah ketersediaan sumberdaya lahan yang luas, agroklimat yang sesuai dengan persyaratan pertumbuhan tanaman nilam, dan ketersediaan tenaga kerja. Kelemahan berupa: (a) kecilnya skala usahatani nilam, (b) permodalan para petani dan penyuling terbatas, (c) bahan baku daun nilam terbatas dan tidak tersedia secara berkesinambungan serta (d) tingkat penerapan teknologi budidaya dan penyulingan masih rendah. Pangsa pasar dalam dan luar negeri yang luas, kerjasama antara penyuling dan pedagang dalam permodalan dan usaha penyulingan minyak nilam, serta sistem kemitraan petani dengan perum Perhutani (PHBM) dalam pemanfaatan lahan kehutanan untuk usahani nilam merupakan peluang yang baik. Ancaman adalah ketersediaaan bahan baku daun nilam terbatas dan tidak berkelanjutan, serta kinerja pasar nilam yang kurang baik dicirikan oleh rendahnya harga dan terbatasnya informasi pasar di tingkat petani dan penyuling. Strategi pengembangan agribisnis nilam adalah pertumbuhan yang agresif (growth strategy) dengan empat alternatif strategi pengembangan yaitu strategi S-O, W-O, S-T dan W-T.

Nilam is the commercial agricultural enterprises commodity that gives the biggest devisa from export atsiri oils. Therefore, the existence and opportunity must be used as well as possible by agribussines management and marketing profesionally dan continously. The aims of this research are (1) to know market structure, market behaviour, and performance of patchouli marketing, (2) strenghts, weakness, opportunities, and threats faced by patchouli enterprises, and (3) development strategy for increasing potency and opportunity at patchouli enterprises in Garut regency. The research is conducted in Garut regency with uses descriptive survey method. Farmer respondents are selected by purposive sampling, whereas craftmans and traders respondents are selected by snowball sampling. The result of this research shows that market structure of patchouli leaves and oil is market oligopsoni. The market behaviour during the transaction and price of patcouli tends to be determined by buyers. The farmers of patchouli leaves marketing and distillerss at patchouli oil marketing tends to be receiver of price. The market performance of patchouli leaves based on margin share, farmer’s share was inefficient but market performance of patchouli oil is efficient. The strenghts of patchouli cultivation are the avaibility of wide land resources. Agroclimate is suitable for patchouli, and the avaibility of manpower. The weakness of patchouli farming is the limited scale of land, the limited capital of farmer and craptman of patchouli, the limited supply and discontinue of patchouli leaves, the limited application of technology for farming and distillation. The opportunities are the wide domestic and international market segment, cooperation between craftmans and traders, and cooperation between farmer and Perum Perhutani on land management for patchouli farming. The threats are unfulfilled demand of patchouli for domestic and international market, the limited and unsustainability of patchouli supply, and unsatisfied performance that is indicated by lower price and the limited market information for farmer and destillers. The strategy of developing patchouli is growth strategy with four altenatives, those are S-O, W-O, S-T and W-T strategy.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id