Abstrak RSS

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah
Mitri Irianti
FKIP Universitas Riau
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan tingkat penguasaan mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar I dengan menggunakan prosedur heuristik. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan berupa penetapan aksi, (2) pelaksanaan tindakan yaitu pembelajaran dengan menggunakan prosedur heuristik, (3) melakukan pengamatan (observasi) dan (4) analisis efektifitas tindakan (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memecahkan masalah dan tingkat penguasaan mahasiswa cenderung meningkat pada setiap siklus. Kemampuan analisis soal meningkat 41%, kemampuan transformasi soal meningkat 47,5%, kemampuan operasi hitung meningkat 47%, kemampuan pengecekan dan interpretasi hasil meningkat 40%. Tingkat penguasaan mahasiswa meningkat 16,6% dan rata-rata tingkat penguasaan mahasiswa setelah tindakan dengan menggunakan prosedur heuristik pada pembelajaran fisika dasar I pada kategori baik (70,65%),

The purpose of this research is to increase students’ ability in problems and the level of students’ mastery in Basic Physics I subject. The efforts carried out in solving the problems are: (1) planning; stating the action; (2) acting; teaching by using heuristic procedure, (3) observation and (4) analyzing the effectiveness of the action (reflection). The results of the research show that students’ ability in solving the problem and the level of students’ mastery tend to increase in each cycle. The ability in analyzing problems increases 41%, the ability in transforming problems increases 47,5%, the ability in counting operation increases 41%, the ability in checking and interpreting the results increases 40%. The level of students’ mastery increases 16,6% and the average of the students’ mastery level after the action by using heuristic procedure in teaching Basic Physics I is at the good category (70,65%).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id