Abstrak
Hubungan Antara Karakteristik
Maman Paturochman
Faperta Unpad
Indonesia
Unpad
atribut, attribute, buying decision, characteristic, Karakteristik, milk product, pertimbangan pembelian, produksusu
Penelitian ini dilakukan di daerah Jawa Barat yang mencakup beberapa daerah kabupaten yang menghasilkan produk susu sapi perah. Obyek sasaran yang dituju adalah para peternak yang menyalurkan produknya melalui agen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik dan atribut produk susu dengan pertimbangan pembelian konsumen. Metode yang digunakan untuk mengungkap data yang diperlukan adalah survey dengan teknik pengambilan sampel sedcara purposive. Ukuran sampel sebagai wakil populasi adalah 20 orang peternak, 20 orang agen dan 21 orang konsumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model Analisis Cochran Q Test. Hasil analisis menunjukkan: 1. Bentuk diversifikasi dan pangsa pasar susu produk peternakan sapi perah rakyat melalui agen ada tiga macam, yaitu: a. Susu Segar (43 %); b. Susu Pasteurisasi (35 %) dan c.Yoghurt (22 %) ; 2. Pertimbangan konsumen terhadap atribut susu yang sampai ke produsen ada tiga macam, yaitu: harga, warna dan rasa, sedangkan bau/aroma, kekentalan, kualitas dan kebersihan tidak sampai ke produsen.
A study on connection of milk product attribute and characteristic with consumers buying decision was carried out at Bandung Province that comprises some regencies that produce milk. The objective of the study was to analyse the connection of milk product attribute and characteristic with consumers buying decision. The method of study was a survey, using purposive sampling i.e. 20 milk producers, 20 wholesalers and 21 consumers. The data was analysed by Cochran Q Test method. The study showed that: 1. The milk product diversification and market segment consist of three kind i.e. a. fresh milk (43 %), pasteurized milk (35 %) and yoghurt (22 %). 2. The consumers opinion in milk attribute that producers aware were three kind i.e. price, colour, taste, but in other side aroma, viscosity, quality and cleanliness was not known by producers.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id