Abstrak RSS

Gambaran motivasi kerja pada karyawan Departemen Penjualan dan Pelayanan SBU Wilayah I PT Perusahaan Gas Negara Persero (Tbk)

Gambaran motivasi kerja pada karyawan Departemen Penjualan dan Pelayanan SBU Wilayah I PT Perusahaan Gas Negara Persero (Tbk)
Gadis Annisa Chandra Kirana
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Motivasi merupakan proses psikologis yang mendasar yang ada pada diri individu. Motivasi merupakan dorongan yang memberikan energi atau menyebabkan individu bertingkah laku, mengarahkan tingkah laku pada tujuan yang spesifik, dan mempertahankan usaha dalam mencapai tujuan. Motivasi sangat dibutuhkan di dalam aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bekerja. Motivasi kerja sangat dibutuhkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan agar perusahaan berkembang dan maju dengan baik. Karena manusia merupakan asset yang sangat baik yang dimiliki perusahaan untuk memajukan suatu perusahaan dan motivasi berada di dalam diri manusia tersebut. Oleh karena itu, motivasi harus di jaga dan ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan departemen penjualan dan pelayanan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif maka didapatkan gambaran mengenai motivasi kerja karyawan. Data kuantitatif diperoleh dari kuisioner dan juga data awal melalui interview yang berkaitan dengan latar belakang dan pendapat dari responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Alat ukur digunakan mengacu pada teori Integrated Model of Motivation (IMM) oleh Kinlaw dan menggunakan alat ukur The Motivation Assessment Inventory (MAI). Berdasarkan pengukuran motivasi kerja pada karyawan departemen penjualan dan pelayanan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, terdapat 96.4% yang memiliki motivasi tinggi, sedangkan 3.6% karyawan memiliki motivasi rendah.

Motivation is the fundamental psychology process within individual. Movation is an encourage energize or causes people to act, it directs behaviours toward the affaintment of specific goals, and sustain the effort expended in reaching goals. Motivation is the important aspect in human life, such as woking. Every employee need work motivation to motivate them in work life to make the company grow and achive the goals. Because Man (human) is the assest that company have to helping the company to growing and the motivation itself lives in every single individual themselves. Therefore, we need to keep the motivation and make it growing in ourself. The variable in this study is work motivation. This study did to employee of Departement selling and Service at PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. By using quantitative descriptive method are obtained image of work motivation. Quantitative data obtained from the questionnaires and additional data related to the background and open opinion of research participant. Sampling was done by simple random sampling. Measuring tools used refers to the concept of Integrated Model of Motivation (IMM) by Kinlaw (1981) and the measurement tools is The Motivation Assessment Inventory (MAI). According to the measurement of work motivation to employee od Departement Selling and Service at PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, there’s 96.4% the employee have high motivation and 3.6% have a low motivation.

Download: .PDF