Abstrak RSS

Sustainable Business Performance Strategy: A Modern Strategic Management Approach

Sustainable Business Performance Strategy: A Modern Strategic Management Approach
Dr. Mombang Sihite, Prof. Dr. Ernie Tisnawati Sule
Universitas Padjadjaran, PT Bisnis Management Engineering Edukasi, Cetakan 1, Januari 2017, ISBN 978-602-60414-0-1
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, PT Bisnis Management Engineering Edukasi, Cetakan 1, Januari 2017, ISBN 978-602-60414-0-1
, ,

Manajemen stratejik adalah sebuah proses yang sangat penting dari sebuah organisasi atau perusahaan dalam menyusun berbagai strategi unggul untuk memenangi persaingan guna mencapai sebuah tujuan. Manajemen stratejik modern saat ini dijalankan dalam tiga tahapan, yaitu Analisis, Formulasi dan Implementasi—AFI (Rothaermel, 2016). Analisis menjadi tahapan penting dalam manajemen stratejik, yang mencakup analisis eksternal dan analisis internal. Analisis eksternal adalah analisis struktrur, peluang dan persaingan industri yang akan dimasuki. Sementara analisis internal ditujukan untuk mengukur sumber daya, kapabilitas dan kompetensi yang dimiliki sebagai kekuatan untuk memasuki pasar yang dituju. Tahapan selanjutnya adalah tahapan Formulasi untuk memformulasikan strategi bisnis yang akan dipilih, seperti cost leadership, diferensiasi, strategi fokus, inovasi, atau blue ocean strategy. Tahapan terakhir adalah tahapan Implementasi untuk mengimplimentasikan strategi yang dipilih, dan agar berhasil strategi harus diimplementasikan secara terintegrasi di level manajemen dan fungsional. Dalam proses identifikasi dan deskripsi, strategi harus dapat diimplementasikan oleh para manajer sehingga mereka mampu meningkatkan kinerja dan keunggulan bersaing perusahaan. Sebuah perusahaan dapat dikatakan memiliki keunggulan bersaing jika profitabilitasnya lebih tinggi daripada rata-rata profitabilitas perusahaan-perusahaan lain di industrinya. Manajemen stratejik dapat diaplikasikan baik bagi organisasi besar maupun kecil, karena organisasi-organisasi terkecil pun pasti menghadapi kompetisi, dan dengan menerapkan strategi yang sesuai, mereka dapat menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Download: .Full Papers