Abstrak RSS

Revitalisasi Tvri Dalam Membangun Citra Positif Publik (Studi Kasus Lembaga Penyiaran Tvri)

Revitalisasi Tvri Dalam Membangun Citra Positif Publik (Studi Kasus Lembaga Penyiaran Tvri)
Nur’ Amiaty T.D
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Disertasi dengan judul REVITALISASI TVRI DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PUBLIK bermaksud mengkaji upaya-upaya TVRI dalam memenuhi fungsinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2005. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Dimana pimpinan TVRI, Pegawai TVRI, Pegawai Pemerintah di luar Lembaga TVRI, Pegawai Swasta, Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga sebagai informan. Data diperoleh dengan wawancara mendalam, pengamatan ke lapangan pelaksanaan program TVRI, pengamatan berperan serta dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan; Bahwa TVRI telah melakukan upaya-upaya dalam membangun Citra Positif Publik, baik upaya-upaya ke dalam ( internal ) dan ke luar ( eksternal ), namun di dalam perjalanannya TVRI banyak menghadapi kendala, kendala ke dalam maupun ke luar. Dalam konteks komunikasi ke luar (eksternal), TVRI mengalami dualisme, satu sisi untuk memenuhi fungsinya sebagai Lembaga Penyiaran Publik, sisi lain adalah menghadapi kepentingan politik yang bermain dalam penentuan kelangsungan berkiprahnya TVRI, namun ini menjadikan TVRI lebih dapat berperan untuk dapat menentukan mau dibawa kemana TVRI. Komunikasi ke dalam (internal ) berhadapan tidak hanya dengan jumlah Sumber Daya Manusia yang saat ini sangat membutuhkan dari peningkatan kualitas tetapi juga Sumber Daya Sarana Prasarana yang belum mendukung secara maksimal. Kendala komunikasi ke dalam membawa TVRI untuk lebih menumbuhkan kesadaran bahwa sebagai TV Publik yang memiliki Citra Positif terhadap Publik, harus memiliki Program Tayangan yang memperhatikan Kebutuhan Publik, Kemasan yang Menarik dan Tayangan yang selalu Fresh dan creative. Kedua strategi yang telah dilakukan oleh TVRI tersebut, baik strategi ke dalam maupun ke luar, telah telihat hasilnya dengan kepercayaan yang ditunjukkan oleh Publik dengan pernyataan bahwa TVRI dalam Program Tayangannya selalu tetap menjaga nilai-nilai yang ada di negara Indonesia tercinta.

The purpose of this dissertation entitled “Revitalization of TVRI in Building the Positive Public Image “ is to analyze TVRI efforts in fulfilling its function as Public Broadcaster Institution as in PP no 12/2005. The method used in this research was the qualitative method where TVRI executive boards, TVRI employee, government employee besides TVRI employee, private employee, university students and housewife as informants Data compiled by in-depth interview, field observation on how TVRI execute its program and document studies. Data analysis was done by descriptive qualitative. The research showed that TVRI has done some efforts in building positive public image both internal and external. However in its journey TVRI faces obstacles internally and externally. In its external communication context TVRI experience dualism, in one side was to fulfill its function as public broadcaster institution and on the other side was to face politic interest in deciding the role of TVRI. However this determine on where TVRI lead The internal communication faces not only with the number of human resources that needs to be improved in terms of quality but in facilities which are not fully supported. The internal communication obstacles leads TVRI to develop awareness of the needs of TVRI to have positive public image, to have programs that care about the public needs, interesting packaging and fresh and creative programs. Both internal an external strategy that have been done by TVRI has shown result that the public has put trust onTVRI, that TVRI is keeping our Indonesian values in its program.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id