Abstrak
Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Membangun Kerelasian Pembeli, Pemasok, Dan Produk Komplementer, Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Bisnis (Suatu Studi Pada Ukm Distro Di Kota Bandung)
Cecep Daryus Darusman
Unpad
Indonesia
Unpad
kerelasian Pemasok, kerelasian Pembeli, kerelasian produk komplementer, kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kerelasian pembeli, pemasok, dan produk komplementer serta implikasi terhadap kinerja bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori dengan ukuran sampel sebesar 200 responden, yaitu para pengusaha Distro di Kota Bamdung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah SEM ( Structural Equation Modeling ) dengan software pengolahan data LISREL 8.30. Hasil survey menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, kerelasian dengan pembeli, pemasok, dan produk komplementer yang dilakukan para pengusaha Distro sudah cukup baik serta dapat menimbulkan kinerja bisnis yang cukup tinggi terhadap para pengusaha Distro. Hasil analisis jalur dengan menggunakan software LISREL 8.30 menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kerelasian dengan pembeli, pemasok, dan produk komplementer. Demikian juga kerelasian dengan pembeli, pemasok, dan produk komplementer secara simultan berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Secara parsial kerelasian dengan produk komplementer lebih dominan mempengaruhi kinerja bisnis.
This research aimed to examine whether there is the influence of entrepreneurial orientation on relationship with buyers, suppliers, and complementary products and implications on business performance. The research method used is descriptive survey method and explanatory survey with a sample size of 200 respondents, namely entrepreneurs Bandung City Distro. Data analysis method used in this study are SEM (Structural Equation Modeling) with data processing software LISREL 8.30. The survey results indicate that entrepreneurial orientation, relationship with buyers, suppliers, and complementary products carried entrepreneurs distributions are quite good and can lead to high business performance of Distro entrepreneurs. The results of path analysis using LISREL software 8:30 shows that entrepreneurial orientation orientation affects relationship with buyers, suppliers, and complementary products. Likewise relationship with buyers, suppliers, and complementary products simultaneously affect business performance. Partially complementary products relationship more dominant influence on business performance.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id