Abstrak
Resistensi, Negosiasi dan Kritik Kultural: Membaca Narasi Reflektif atas Nilai Lokal dalam Pendidikan Perempuan
Aquarini Priyatna, M. A., M. Hum., Ph. D., Dr. Rosaria Mita Amalia, M. Hum, Fitria Mayasari, M. Hum
Universitas Padjadjaran, Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Juli 2015
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Juli 2015
budaya lokal, Konstruksi Sosial, local culture, narasi reflektif, pendidikan perempuan, reflective narratives, Social construction, women’s education
Penelitian ini membahas hubungan yang kompleks antara budaya lokal dan pendidikan perempuan dengan membaca dekat dan menganalisis narasi reflektif yang ditulis mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Dengan menganalisis narasi-narasi perempuan (dan juga laki-laki) yang berbicara mengenai pengalaman dan permasalahan yang dihadapi dalam menempuh pendidikan, penelitian ini berfokus pada dinamika nilai-nilai sosiokultural dan agama dalam konteks budaya lokal. Penelitian ini mengupas dan akhirnya mengevaluasi dinamika nilai-nilai lokal dalam hubungannya terhadap kemajuan dan pendidikan perempuan.
This research discusses on the complexities between local culture and women’s education as by way of close-reading and analyzing the narratives of both female and male students in Faculty of Arts, University of Padjadjaran. By analyzing the narratives that elaborate experience in dealing with obstacles and limitation faced in attaining higher education, this reasearch is focusing on the dynamics of local values in socio-economic and religious contexts relating to the advancement of women’s education.