Abstrak
Model Empirik Keterkaitan Persepsi Control, Persepsi Value, Anxiety/Cemas Dalam Memengaruhi Self Regulation Mahasiswa Pada Pengerjaan Skripsi
Novela Nadia Fardah
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
anxiety, anxiety/cemas, perceived control, perceived value, persepsi control, persepsi value, self regulation
Skripisi merupakan mata kuliah sebagai prasyarat kelulusan program sarjana yang menuntut mahasiswa untuk proaktif agar dapat menyelesaikan pengerjaan skripsi sesuai aturan yang ditentukan. Kenyataannya jumlah mahasiswa yang mengerjakan skripsi hingga lebih dari dua semester masih cukup banyak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor individu yang dapat memengaruhi pengarahan diri mahasiswa untuk merencanakan, mengatur, memantau dan mengevaluasi dalam pengerjan skripsi (self regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi). Penelitian ini mempertimbangkan keterkaitan persepsi control, persepsi value dan anxiety/cemas mahasiswa pada pengerjaan skripsi yang dapat memprediksi self regulation mahaiswa pada pengerjaan skripsi. Mahasiswa tingkat sarjana (N = 126) angkatan 2010, 2011, 2012 dan 2013 sebagai responden dalam penelitian ini yang diambil menggunaka teknik convienience sampling diminta untuk mengisi kueisoner mengenai persepsi control, persepsi value, anxiety/cemas dan self regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi. Hasil analisis menggunakan partial least square structural equation modeling menunjukkan bahwa persepsi control dan anxiety/cemas mahasiswa pada pengerjaan skripsi memiliki hubungan timbal balik negatif, dan anxiety/cemas mahasiswa pada pengerjaan skripsi memiliki pengaruh negatif terhadap persepsi value, yang pada akhirnya persepsi control dan persepsi value memiliki pengaruh positif terhadap self regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi. Pada penelitian ini, anxiety/cemas tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap self regulation mahasiswa. Anxiety/cemas memengaruhi self regulation mahasiswa pada pengerjaan skripsi melalui persepsi control dan persepsi value mahasiswa pada pengerjaan skripsi
Undergraduate thesis is a course that is used as a prerequisite for graduation of undergraduate program that requires students to be proactive in order to complete in accordance with applicable rules. In fact the number of students who are doing undergraduate thesis up to more than two semesters is still quite a lot. Therefore, it is important to know the individual factors that can affect the student’s self-direction to plan, preparation and implementation in undergraduate thesis work (self-regulation of students on undergraduate thesis work). This research considers interconnected perception of control, perception of value and anxiety of students on undergraduate thesis work that can predict self regulation of students. Undergraduate students (N = 126) class of 2010, 2011, 2012 and 2013 as respondents in this study are taken using convienience sampling technique asked to fill questionnaire about perception control, perception value, anxiety and self regulation student on thesis work. The result of analysis using partial least squares structural equation model shows the perception and student anxiety on undergraduate thesis work have negative reciprocity, and anxiety of student on thesis work has negative influence to perception value, finally perception of control and perception value has influence positive to self-regulation of students on thesis work. In this study, anxiety did not have a significant direct effect on student self-regulation. Anxiety affects self-regulation of students on undergraduate thesis workmanship through perception of control and perception of ] value on undergraduate thesis work