Abstrak
Komunikasi Organisasi Berbasis Keyakinan Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat
Hadiyanto A. Rachim, Nunung Nurwati, Gigin G.K. Basar
Universitas Padjadjaran, Social Work Journal (Share) Vol. 8. No. 1, Juli 2018, ISSN: 2339-0042 (p), ISSN: 2528-1577 (e)
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Social Work Journal (Share) Vol. 8. No. 1, Juli 2018, ISSN: 2339-0042 (p), ISSN: 2528-1577 (e)
and Empowerment, Communication, Communicator's Ethos, dan Pemberdayaan, Etos Komunikator, FBO, komunikasi
Isu penelitian ini seputar komunikasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebagai Faith-Based Organization (FBO). Masalah utama penelitian adalah bagaimana OPZ dapat bekerjasama meningkatkan kepercayaan masyarakat dan produktivitas lembaga. Pendekatan Interpretif melalui Teori Konstruksi Sosial menjadi acuan guna melihat proses komunikasi organisasi melalui etos komunikator OPZ. Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik studi kasus dan informan dari OPZ tingkat Jawa Barat . Hasil penelitian menunjukan bahwa etos komunikator sebagai source of credibility dalam komunikasi OPZ, bersumber dari Ajaran Islam, hukum positif, dan pedoman dasar OPZ dapat menciptakan nilainilai organisasi sebagai dasar melaksanakan kerjasama pogram pemberdayaan masyarakat. Kerjasama OPZ dalam program pemberdayaan lebih banyak ke aspek personal power dan interpersonal power dan sedikit ke aspek political power. Diperlukan penguatan nilai-nilai keterbukaan dan saling percaya diantara OPZ, perubahan regulasi zakat, tata kelola lebih transparan, akuntabel dan berkeadilan guna meningkatkan kepercayaan, realisasi potensi zakat, dan kesejahteraan.
The issue of this research is about the communication of Zakat Management Organization (OPZ) as Faith-Based Organization (FBO). The main problem of research is how OPZ can work together to increase public trust and institutional productivity. Interpretive Approach through Social Construction Theory becomes a reference to see the process of organizational communication through the ethos of OPZ communicators. The research method is qualitative with case study technique and informer from OPZ West Java level. The results showed that the communicator ethos as source of credibility in OPZ communication, sourced from Islamic Teachings, positive law, and basic guidance of OPZ can create organizational values as the basis for implementing community empowerment cooperation program. OPZ cooperation in the empowerment program is more to the aspect of personal power and interpersonal power and little to the political power aspect. There is a need to strengthen the values of openness and mutual trust among the OPZ, zakat regulatory changes, more transparent, accountable and equitable governance in order to increase trust, realization of zakat potential, and prosperity.