Abstrak RSS

Hubungan Antara Kepribadian Big Five Dengan Perilaku Agresi Pada Anggota TNI Batalyon Infanteri 301/ Prabu Kiansantang (YONIF 301/PKS)

Hubungan Antara Kepribadian Big Five Dengan Perilaku Agresi Pada Anggota TNI Batalyon Infanteri 301/ Prabu Kiansantang (YONIF 301/PKS)
Lia Melawati
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara variabel Kepribadian Big Five dan perilaku agresi pada anggota TNI Yonif 301/PKS. Perilaku agresi adalah perilaku yang muncul yang sifatnya menyakiti lawannya baik secara fisik maupun psikis, dengan rasa permusuhan (hostility), dan kemarahan (anger) dengan disertai adanya tujuan ataupun tidak yang bisa menimbulkan adanya kerugian atau kesengsaraan (Buss & Perry, 1992). Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner Kepribadian Big Five yang diadaptasi berdasarkan teori Big Five Inventory-44 dikembangkan oleh John, O.P., Donahue, E. M., & Kentle, R. L (1991), dan kuesioner perilaku agresi yang diadaptasi dari Aggression Scale Buss-Perry (1992). Sampel penelitian ini adalah 90 anggota TNI Yonif 301/ PKS, Sumedang, didapatkan dengan metode pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling.Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,673 untuk alat ukur kepribadian Big Five, dan sebesar 0,783 untuk alat ukur perilaku agresi dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil analisis data penelitian menunjukan nilai koefsien korelasi sebesar 0,110 > 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara kepribadin Big Five dengan perilaku agresi anggota TNI Yonif 301/PKS.

Download: .PDF