Abstrak RSS

Studi Kasus Mengenai Working Memory dan Strategy Memory Pada Siswa Yang Mengalami Mathematical Difficulties

Studi Kasus Mengenai Working Memory dan Strategy Memory Pada Siswa Yang Mengalami Mathematical Difficulties
Liana Nurfadhilah
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran working memory dan strategy memory pada siswa kelas VI sekolah dasar di lembaga bimbingan belajar yang mengalami mathematical difficulties. Mathematical difficulties merupakan suatu kesulitan yang dialami siswa pada saat menangkap dan menyelesaikan persoalan matematika.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa bimbingan belajar yang berjumlah 30 siswa. Kemudian diambil sampel sebanyak 4 siswa berdasarkan informasi guru yang melaporkan bahwa keempat siswa tersebut mengalami mathematical difficulties. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus, dimana gambaran working memory dan strategy memory dipaparkan secara mendalam per individu melalui observasi perilaku (naturalistic observation).
Hasilnya ditemukan bahwa keempat siswa kekurangan pengetahuan pada tiga dari empat komponen working memory, yaitu pada komponen- komponen phonological loop, visuospatial sketchpad, dan episodic buffer. Selain itu siswa- siswa tersebut juga tidak menggunakan strategy memory yang tepat, seperti level of processing, the encoding specificity, dan overconfidence problem. Sehingga dapat disimpulkan hal inilah yang menjadi penyebab siswa- siswa tersebut mengalami mathematical difiiculties.