Abstrak RSS

ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI PUSAT PENGEMBANGAN STRATEGI DAN DIPLOMASI KEBAHASAAN DI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA

ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI PUSAT PENGEMBANGAN STRATEGI DAN DIPLOMASI KEBAHASAAN DI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA
Dr. Sinta Ningrum, MT., Pujianto, SAP., MAP
Simposium Kebudayaan dan Kerjasama Indonesia – Malaysia 2015
Indonesia
Dr. Sinta Ningrum, MT., Pujianto, SAP., MAP, Simposium Kebudayaan dan Kerjasama Indonesia – Malaysia 2015
, ,

Penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kompetensi menjadi permasalahan dalam penataan pegawai berbasis kompetensi pada organisasi pemerintah. Penempatan pegawai seringkali didasarkan pada pertimbangan individu pemimpinnya. Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan perlu mengantisipasi permasalahan tersebut karena fungsinya yang penting dalam mengembangkan strategi dan diplomasi kebahasaan. Penelitian bertujuan mendapatkan kompetensi manajerial pegawai agar dapat digunakan dalam penataan pegawai berbasis kompetensi.

Metode penelitian adalah kombinasi delphi method dan Job Competency dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi, wawancara, FGD, dan expert panel.

Hasil penelitian menemukan 12 kompetensi untuk jabatan struktural dan 8 kompetensi untuk jabatan fungsional yang harus dimiliki oleh para pejabat agar dapat menjalankan fungsinya. Temuan ini dapat dijadikan rujukan pada saat melakukan penempatan pegawai di Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan.

Download: FULL TEKS