Abstrak
Rancangan Self-efficacy dalam penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi pada mahasiswa tahun pertama di Universitas”X”Bandung
Juraida Saragih
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
College Adjustment, first year students of X University Bandung, mahasiswa tahun pertama Universitas”X” Bandung, self-efficacy, selfefficacy
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan suatu rancangan program intervensi untuk membantu mengoptimalkan keyakinan akan kemampuan diri (self efficacy) pada mahasiswa tahun pertama universitas “X”Bandung dalam upaya penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan gambaraan mengenai self-efficacy pada mahasiswa tahun pertama dalam melakukan penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi dengan sampel penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama (2015)di Universitas “X” Bandung, yaitu sebanyak 266 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti berdasarkan teori Bandura (1997). Hasil uji coba alat ukur terhadap 30 responden menggunakan rumus korelasi Pearson pada program SPSS 20.0, diketahui bahwa validitas dari alat ukur self-efficacy ini berkisar antara 0,304 sampai dengan 0,884, sedangkan reliabilitasnya adalah sebesar 0,976 dengan menggunakan metode Alpha Cronbach pada program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy pada pada mahasiswa tahun pertama di Universitas”X” Bandung terbagi dalam dua kategori, yaitu sebesar 51,50% mahasiswa tahun pertama memiliki self-efficacy dalam penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi yang tergolong rendah dan 48,50% memiliki selfefficacy dalam penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi yang tergolong tinggi. Dari hasil penelitian diketahui juga bahwa dimensi-dimensi self-efficacy (level, strength, generality) berhubungan secara langsung dengan pembentukan self-efficacy mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada mahasiswa agar meningkatkan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki. Kepada pihak Universitas dalam hal ini bagian kemahasiswaan, diharapkan dapat membantu mahasiswa meningkatkan self-efficacy dengan cara mengembangkan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki yang diperlukan dalam perguruan tinggi. Sesuai dengan hasil penelitian, maka rancangan intervensi dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy mahasiswa dengan fokus pada tugas atau situasi yang dihadapi dalam lingkungan perguruan tinggi.
This research aims to produce an intervention program in order to help optimizing belief of self-efficacy on first year students of X University Bandung, as an attempt to adjust themselves in their university. Sample in this research was first year students (2015) in “X” University Bandung which were 266 students. Instrument used was questionnaire that has been modified by researcher according to theory from Bandura. Instrument was first tried to 30 students using Pearson correlation in SPSS 20.0 and found that item validity ranged from 0,304 to 0,884, and reliability was found 0,976 using Alpha Cronbach method in SPSS 20.0. Research results show that self-efficacy of first year students in University X Bandung categorized in two categories: 51,50% of first year students have low selfefficacy in college adjustment and 48.50% of students are categorized high selfefficacy in college adjustment. From the results, known that dimensions of selfefficacy (level, strength, generality) correlate directly in developing student’s selfefficacy. Based on this research, students are suggested to improve their belief towards their abilities. As to University, especially academic unit, it’s expected to help improving student’s self-efficacy by helping students discover their belief of the abilities they own. According to research results, intervention design in this research is expected to improve student’s self-efficacy specific on tasks or situations faced by university.