Abstrak
Rumahcemilan.com, Konsep Pengembangan Sistem Jejaring Sosial dan Informatika Pemasaran online Produk Agroindutri
Dwi Purnomo, Totok Pujianto
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Informatika Pertanian 2011 “ Akselerasi Pengembangan Informatika Pertanian Untuk Pemberdayaan dan Perlindungan Petani” 20-21 Oktober 2011 Gedung Bale Rumawat Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung ISBN 978-979-16972-3-1
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Informatika Pertanian 2011 “ Akselerasi Pengembangan Informatika Pertanian Untuk Pemberdayaan dan Perlindungan Petani” 20-21 Oktober 2011 Gedung Bale Rumawat Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung ISBN 978-979-16972-3-1
agroindustri, pemasaran, Rumah Cemilan., Social Networking
Rumahcemilan.com merupakan konsep terpadu yang melibatkan pemangku – pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan pemasaran produk agroindutri. Konsep yang dikembangkan adalah memfasilitasi koordinasi antara akademi, bisnis, komunitas dan pemerintahan. Konsep yang dijabarkan dimulai dengan penyamaan visi yang berkesinambungan untuk mewadahi keempat pemangku kepentingan dan diharapkan dapat membawa perilaku positif bagi pengembangan berkelanjutan sistem agroindustri secara menyeluruh dari hulu ke hilir. Pada artikel ini dijelaskan konsep terpadu yang dimulai dari latar belakang pembuatan konsep, ide dasar penggabungan konsep para pemangku kepentingan serta penggabungan dengan media jejaring sosial yang tengah berkembang saat ini melalui media on-line. Salah satu perilaku yang timbul adalah adanya persyaratan standar produk yang akan dipasarkan melalui situs yang dikembangkan. Pemangku kepentingan yang terlibat khususnya pelaku agroindustri harus memiliki standar atas produk dan pemasaran yang jelas yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Konsep ini menuntut pelaku untuk konsisten terhadap mutu dan pendatang baru yang berminat gabung memiliki standar yang sama. Rumahcemilan.com menjadi wadah atas kolaborasi yang terjadi dilapangan dan di dunia cyber antara pemangku kepentingan yang ada dengan memadukan didalamnya konsep – konsep pemasaran modern, jejaring sosial, dan media on-line yang diharapkan menjadi sinergi utama dalam mencapai tujuan jangka panjang yang berkesinambungan dalam meningkatkan kualitas agroindustri nasional.