Abstrak RSS

Hubungan Self-efficacy dan Dukungan Sosial pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi

Hubungan Self-efficacy dan Dukungan Sosial pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi
Meika Zahara Dhanti
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , , , ,

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan self-efficacy mengerjakan skripsi dengan dukungan sosial teman. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang sedang mengerjakan skripsi dengan kriteria sampel sudah melaksanakan Seminar Usulan Penelitian namun belum melaksanakan Seminar Hasil. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dilandasi konsep teori self-efficacy dari Bandura (2006) dan dukungan sosial Cobb (1976). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson’s Product Moment (r), didapatkan koefisien korelasi sebesar .056 dengan tingkat signifikansi (p) = .650. Dengan ? = .05, disimpulkan bahwa self-efficacy tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan dukungan sosial. Self-efficacy juga tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan bentuk-bentuk dukungan sosial seperti dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasional.

The purpose of this research is to understand the relationship between self-efficacy in finishing thesis and friends’ social support. Psychology students of Universitas Padjadjaran who were undertaking thesis and had presented their research proposal yet had not presented their results were the sample criterion for this research. The research was conducted to whole population following the criterion, with consented participants involved were 70. The instruments used in this research were questionnaires based on Bandura’s self-efficacy (2006) and Cobb’s social support theories (1990). The analysis was performed by utilizing Pearson’s Product Moment correlation test (r). With ? = .05, the results indicated that self-efficacy had no significant correlation with social support, as the level of significance (p) was found to be .650 and the correlation coefficient was .056. Furthermore, self-efficacy did not display any significant correlation with neither types of social support, such as emotional, esteem, instrumental, and informational support.

Download: .Full Papers