Abstrak
Instagram Dan Mitos Kecantikan Perempuan Muslim
Yessy Hermawati, Aquarini Piyatna, Mohamad Adji
Universitas Padjadjaran, Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, Penerbit UPI, Volume 2 Nomor: 2, November 2016, ISSN 2460-9978, https://www.sps.upi.edu,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, Penerbit UPI, Volume 2 Nomor: 2, November 2016, ISSN 2460-9978, https://www.sps.upi.edu,
beauty, discourse, Fashion Hijab, Kecantikan, Media, muslim women, Perempuan Muslim, wacana
Instagram dan Mitos Kecantikan Perempuan Muslim. Penelitian ini menganalisis wacana mengenai mitos kecantikan perempuan muslim dalam media sosial Instagram. Kajian ini menjadi penting dan menarik karena dalam media Instagram perempuan Muslim memiliki kontribusi membentuk konsep kecantikan perempuan modern baru melalui fashion hijab-nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif menggunakan metode analisis wacana yang merujuk pada gabungan antara teori wacana perempuan Sara Mills dan teori mitos Roland Barthes. Data yang digunakan berupa gambar, tagline, dan teks yang terdapat dalam akun Instagram beberapa Perempuan Muslim Indonesia. Melalui analisis data tersebut diketahui bahwa wacana yang ditampilkan dalam akun Instagram perempuan Muslim juga memberikan kontribusi terhadapap terbentuknya mitos kecantikan perempuan. Ada tiga bentuk kecantikan, yakni cantik spiritual, cantik ragawi dan cantik etika yang merupakan gabungan antara keduanya. Budaya patriaki masih mempengaruhi mitos kecantikan yang diproduksi dalam akun Instagram tersebut. Sementara perempuan dalam akun Instagram tersebut tampil dengan fashion hijab yang dimitoskan memiliki kekuatan untuk menambah kecantikan perempuan. Perempuan muslim dengan fashion hijab tersebut mengalami komodifikasi dalam media.
Instagram and Muslim Women Beauty Myth. This study analyzed the discourse of mythical beauty of Muslim women in social media, especially Instagram. This study is an important and interesting because in the Instagram social media, Muslim women have contributed to form the concept of modern female beauty through trend of fashion hijab. The method used in this study is a qualitative analysis using a discourse analysis method that refers to a combination of female discourse Sara Mills theory and the theory of Roland Barthes myth. Data used in the form of images, tagline, and text contained in Instagram account some Indonesia Muslim women. Through analysis of the data known that the discourse displayed in Instagram account Muslim Women to contribute to the formation of the myth of female beauty. There are three kinds of beauty, which is pretty spiritual, physical gorgeous, and ethics which is combination of the two. The patriarchal culture still influences the beauty myth in Instagram account. Muslim women in Instagram account which comes with hijab fashion has the power to add to the beauty. Muslim women’s experience in the media comodification.