Abstrak
Pendekatan Emosional dalam Membangnn Citra Positif Pustakawan
Sukaesih
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Informasi dan perpustakaan Vol. 1 No. 1, 2012
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kajian Informasi dan perpustakaan Vol. 1 No. 1, 2012
citra perpustakaan, emotional approach, layanan perpustakaan, library image, library services, Pedekatan Emosional
Berbagai perdekatan dapat dilakukan dalam rangka membina hubungan -baik dengan pengguna perpustakaan dan menciptakan citra positif pada perpustakaan. Citra adalah hal penting dalam berhubungan dengan pengguna.. Pendekatan emosional merupakan salah satu cara dalam rangka membangun citra positif ini, yaitu dengan cara menampikan emosi yang baik dan menyenangkan pada saat melayani pengguna. Strategi Yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan citra perpustakaan antara lain: (1) Memperbaiki manajemen pelayanan berdasarkan penilaian pengguna, apakah perpustakaan itu menciptakan citra yang baik atau tidak dengan cara menampung dan mendengarkan keluhan pengguna sehingga membuat pengguna merasa dihargai (2.) Karena sikap staf merupakan bagian yang penting dalam membangun citra, Maka perlu ada kemauan, kemampuan dan niat pustakawan untuk untuk memberikan layanan dengan cara mengekspresikan personalitas yang baik melalui keramahan, sapaan dan senyuman diikuti dengan ketrampilan berkomunikasi (3) Budaya pelayanan bisa diciptakan melalui kesungguhan dalam melaksanakan kegiatan layanan; memberi arahan, petunjuk, bimbingan; kemampuan dalam berbicara dan mengemukan pendapat; disertai dengan semangat, motivasi dan kegiatan yang nyata. Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah membangun public relations melalui sosialisasi perpustakaan dengan masyarakat baik melalui iklan dan promosi, untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat sebagai saluran yang menghubungkan perpustakaan dengan dunia luar.
Various approaches can be conduted in order to establish good relations with the library user and create a positive image of the library, Image is important in dealing with users. Emotional approach is one way to build a postive image, that is a good way of showing emotion and fun at serving users. Strategies that can be used to help improve the image of the library, among other: (1) Improve the management of services based on user ratings, whether the library creates a goog image or not by accomodating and listened to the users so that makes user feel appreciated. (2) Due to the attitude of the staff is an important part in creating image, it is necesssary to have the will, ability and intention of librarians to provide a good way of axpressing personality through hospitality, greeting and a smile followed by communication skills (3) Cultural services can be created through sincerity in undertaking the service; provide direction, guidance, counseling; ability to speak and express opinions; accompanied with passion, motivation and real activity. The last but not least is to build a library public relations through socialization with people both through advertising and promotion, to introduce to the public library as a channel that connects the library to outside wolrd.