Abstrak
Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala III dan IV Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Pada Praktik Klinik Kebidanan
Lasiyati Yuswo Yani, Gaga Irawan Nugraha, Firman F Wirakusumah, Farid Husin, Ishak Abdulhak,Vita MT, Oki Suwarsa
Universitas Padjadjaran, Indonesian Journal Of Education And Midwifery Care, Volume 2 No. 5, Desember 2015, DOI: https://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Indonesian Journal Of Education And Midwifery Care, Volume 2 No. 5, Desember 2015, DOI: https://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4
competences, Integrated learning model, kepuasan, kompetensi, model pembelajaran terintegrasi, Motivasi, Motivation, satisfaction
Model pembelajaran asuhan kebidanan saat ini belum menjawab kebutuhan masyarakat, sehingga diperlukan model pembelajaran alternatif dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal komptensi bidan. Model pembelajaran terintegrasi merupakan model pembelajaran yang sistematis dan komprehensif sehingga tujuan penerapan model ini meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik kebidanan pada akhirnya diharapkan akan menimbulkan kepuasan pasien pada layanan yang diberikan mahasiswa pada praktik klinik kebidanan. Metode penelitian analitik dengan rancangan penelitian quasy experiment dengan pre test post test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total populasi dengan subjek penelitian mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta semester IV dengan jumlah 37 mahasiswa dan ibu postpartum yang persalinan kala III dan IV nya ditolong oleh mahasiswa. Analisis uji Wilcoxon untuk menilai perbedaan motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Uji Rank Spearman untuk mengetahui korelasi antara motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) dengan kepuasan pasien, serta Uji regresi linier untuk menganalisis peran kompetensi (pengetehuan, sikap dan keterampilan) terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian motivasi dan kompetensi meningkat setelah penerapan (p<0,05) , dengan peningkatan 45,06% motivasi dan kompetensi, 45,06% pada aspek pengetahuan, 42,06% pada aspek sikap, 53,83% pada aspek keterampilan. Motivasi tidak berkorelasi terhadap kompetensi dengan p>0,05. Kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) berkorelasi terhadap kepuasan p<0,05 pasien dengan variabel sikap mempunyai korelasi cukup erat terhadap kepuasan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,687 pada r² 47,2%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran asuhan persalinan kala III dan IV meningkatkan motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) mahasiswa. Motivasi tidak berkorelasi terhadap kompetensi mahasiswa, hal ini dapat disebabkan oleh faktor mahasiswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan pembelajaran. Kompetensi berperan terhadap kepuasan pasien pada asuhan yang diberikan mahasiswa pada praktik klinik kebidanan. Kompetensi yang paling berperan terhadap kepuasan pasien terletak pada aspek sikap. Nowadays, midwifery learning model still cannot answer the needs of society, so the alternative learning model is needed to fulfill social needs in midwifery competence. Integrated learning model is learning model that systematic and comprehensive so the purpose of this implementation model can increase motivation and competence in midwifery clinical practice, in the end it expected to create patient satisfaction from student services in midwifery clinic practice. Analytic research method with research plan queasy experiment with pretest posttest design. Sampling will be doing in a way total population with the research subject is fourth semester midwifery DIII students of University Sebelas Maret (UNS) with total thirty seven students and postpartum mother who is in their third and fourth stage of their childbirth helped by student. Wilcoxon data analysis to measure students’ differentiate between motivation and competence (knowledge, attitude and skill) before and after implementing learning model. Rank spearman test to know the correlation between motivation and competences (kognitive, afective, and psicomotor) with patient satisfaction and also linier regression test to analyze the role of competence towards patient satisfaction.The result of the research shows that motivation and competences increase after implementing the learning model (p<0, 05) , with the increase about 40, 48% motivation and competences, 45, 06% on knowledge aspect, 42, 06% on attitude aspect, 53, 83% on skill aspect. Motivation did not have correlation with competences with p>0, 05. Competences (kognitive, afective, and psicomotor) have a correlation with patient satisfaction p<0,05 with attitude variable have enough correlation with patient satisfaction the relation score is0,687 on r² determinate models 47,2%. The conclusion is the implementing of midwifery learning model stage III and IV can increase motivation and competences (kognitive, afective, and psicomotor). Motivation did not have correlation with students’ competences, the factor that influence this matter is students’ factor, family environment, and learning environment. Competences have a role in the matter of patient satisfaction on students’ services in the clinic. The competence that have the most significant role in this matter is attitude aspect.