Abstrak RSS

Analisis Ekuitas Merek Ikan Kaleng (Canned Fish) Di Kota Bogor

Analisis Ekuitas Merek Ikan Kaleng (Canned Fish) Di Kota Bogor
Zumi Saidah, SP., M.Si
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Peran brand equity (ekuitas merek) sangat penting sebagai landasan dalam menentukan langkah dan strategi pemasaran dari suatu produk. Semakin kuat brand equity suatu produk, dalam hal ini produk ikan kaleng, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya akan menghantarkan perusahaan meraih keuntungan yang diharapkan.

Pada penelitian ini dipelajari persepsi konsumen ikan kaleng pada berbagai elemen brand equity (ekuitas merek) antara lain : brand awareness, brand association, brand perceived quality, dan brand loyalty. Metoda pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah responden yang diambil sebagai sampel dalam penelitian sebanyak 200 orang pengunjung swalayan yang tersebar di empat daerah yang mewakili kota Bogor. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa dari masing-masing brand equity, analisa fishbein, dan analisa deskriptif untuk menggambarkan informasi yang ditemukan di lapangan.

Dari hasil analisa segmentasi responden (konsumen ikan kaleng) maka didapatkan bahwa produk ikan kaleng lebih difokuskan pada jenis kelamin perempuan dengan usia antara 25 hingga 34 tahun dengan tingkat pendapatan menengah ke atas yang memiliki kegiatan yang cukup sibuk di luar rumah, sedangkan berdasarkan segmen lokasi dapat disimpulkan bahwa lokasi tempat tinggal konsumen akan mempengaruhi pola konsumsinya. Informasi ini berguna agar produsen ikan kaleng dapat memfokuskan ke mana produknya akan dijual.

Hasil penelitian brand equity menunjukkan bahwa merek ikan kaleng yang paling banyak diingat konsumen pada brand awarenes adalah merek Botan yang kemudian diikuti oleh merek Gaga dan ABC. Asosiasi pembentuk brand image dari merek Gaga lebih banyak daripada yang dimiliki oleh merek Botan dan ABC. Sementara pada brand loyalty ketiga merek ikan kaleng berada pada posisi yang tidak jauh berbeda, hampir semua merek pada tiap tahapan brand loyalty menguntungkan pihak perusahaan kecuali pada tahapan committed buyer pihak perusahaan harus mengeluarkan biaya promosi yang lebih besar karena masih banyak konsumen yang tidak mengenal merek ikan kaleng. Secara umum ekuitas merek terkuat dipegang oleh merek Botan, yang diikuti oleh merek Gaga sedangkan ABC belum memiliki ekuitas merek, karena merek ABC termasuk merek ikan kaleng baru yang beredar di pasar.

Hampir semua informasi pada setiap tahapan brand loyalty menguntungkan perusahaan, kecuali pada tahapan committed buyer, dimana pihak perusahaan dari ketiga merek tersebut harus mengeluarkan biaya promosi lebih besar karena keikutsertaan konsumen dalam mempromosikan produk ikan kaleng tersebut kepada orang lain dari mulut ke mulut masih sangat minim. Secara umum merek ikan kaleng Botan memiliki brand equity paling kuat diantara ketiga merek ikan kaleng yang dianalisis.

Download: doc