Abstrak RSS

Pemaknaan Pengguna Twitter (Tweeps) Mengenai Fitur-Fitur Situs Jejaring Sosial Twitter Studi Fenomenologi Pemaknaan Para Pengguna Twitter (Tweeps) Mengenai Fitur-Fitur Situs Jejaring Sosial Twitter Di Indonesia

Pemaknaan Pengguna Twitter (Tweeps) Mengenai Fitur-Fitur Situs Jejaring Sosial Twitter Studi Fenomenologi Pemaknaan Para Pengguna Twitter (Tweeps) Mengenai Fitur-Fitur Situs Jejaring Sosial Twitter Di Indonesia
Muhammad Ulzi Muharam
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Tesis ini merupakan hasil dari penelitian bertopik “pemaknaan para pengguna Twitter (Tweeps) mengenai fitur-fitur situs jejaring sosial Twitter di Indonesia” dengan tujuan untuk mengetahui pemaknaan dari para pengguna Twitter (Tweeps) di Indonesia mengenai fitur-fitur yang terdapat di situs jejaring sosial Twitter pada saat mereka melakukan interaksi. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta teori interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para Tweeps memaknai fitur tweet sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, mengungkapkan perasaan, dan berpromosi. Sedangkan fitur reply dan ReTweet dimaknai sebagai sarana bercengkrama satu sama lain. Diketahui pula bahwa para Tweeps memaknai situs jejaring sosial Twitter hanya sebagai alat bantu interaksi, sehingga interaksi dan pertemanan yang terjadi di Twitter terjadi karena keterbatasan waktu serta adanya jarak antar diantara para Tweeps dan followers mereka untuk dapat saling bertemu satu sama lain.

This thesis is the result of a research topic “interpretation of Twitter users (Tweeps) about the features on Twitter social networking site in Indonesia” in order to know the interpretation of Twitter users (Tweeps) in Indonesia about the features on Twitter social networking site when they doing some interaction. To achieve these objectives used qualitative research methods with the approach of phenomenology and symbolic interaction theory. Data collection techniques using in-depth interviews and document studies. The results of this research indicated that the Tweeps interpreted the tweet feature as a medium to share their information, express their feelings, and promote their business. While the reply and ReTweet features interpreted as a medium to chatting with each other. Note also that the Tweeps interpreted Twitter the social networking site only as an additional tool for their interaction, so the interaction and friendship that happens on Twitter is just because of time constraints and the distance between the Tweeps and their followers to be able to meet each other.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id